Ini Cara Pengaturan Smartphone Agar Bisa Hemat Baterai

Hallo sobat. Kalian pasti sangat kesal jika baterai Smartphone sobat cepat habis, apalagi pada saat-saat sobat lagi asyik menggunakan Smartphone baterai habis. Rasanya pengen banting hp hehe (gak jadi Deng sayang).

Kapasitas baterai pada smartphone memang tidak semuanya sama. Kapasitas pada masing-masing baterai smartphone ini berbeda-beda. Tapi, walaupun daya atau kapasitas baterai tersebut kecil, kalau Anda tahu cara menggunakannya dan menghematnya pasti akan tetap lebih tahan dibanding dengan yang berkapasitas besar.


Nah, apa saja pengaturan yanga bisa dilakukan agar bisa menghembat baterai di hp Android? Silahkan Anda simak di bawah ini.

1. Atur cahaya layar (Brightness)
Setiap smartphone Android pasti memiliki pengaturan Brightness (tingkat kecerahan) layar masing-masing. Layar yang terlalu terang tentunya akan memakan cukup besar resource baterai smartphone Anda. Untuk itu, silahkan Anda ubah brightness layar tersebut menjadi lebih kecil.

2. Gunakan mode silent
Mode suara atau pun getar pada smartphone Android akan memakan banyak resource baterai juga. Untuk itu, Anda bisa mematikan fitur tersebut agar daya tahan baterai hp Android Anda bisa lebih lama digunakan. Tapi, kalau memang sedang menunggu notifikasi penting, Anda bisa menggunakan mode suara saja, tapi yang kecil.

3. Tetapkan waktu Stand-By lebih cepat
Stand-by pada smartphone adalah waktu untuk mematikan layar smartphone saat tidak digunakan. Pilihlah waktu stand-by yang paling kecil seperti 5 detik.

4. Matikan konektivitas yang tidak perlu
Terkadang saat kita sudah menggunakan Wifi, kita lupa untuk mematikannya kembali. Ini bisa membuat smartphone Anda tersebut akan terus mencari jaringan Wifi, sehingga membuat baterai cepat habis. Untuk itu, matikan semua konektivitas yang tidak digunakan tersebut seperti Wifi, Bluetooth, atau pun paket data saat tidak diperlukan.

5. Tutup aplikasi setelah digunakan
Untuk menutup aplikasi pada smartphone biasanya para penggunanya hanya langsung menekan tombol Home saja. Cara ini tentunya tidak menutup aplikasi tersebut, malah membuatnya jalan terus di background. Sehingga hp Android Anda bekerja secara multitasking. Untuk bisa menutupnya, maka Anda bisa tap pada tombol Multitasking lalu, tap pada ikon silang (X) atau swipe saja aplikasi yang ingin dimatikan.

6. Matikan GPS (Location Services)
GPS merupakan layanan untuk bisa mengetahui titik lokasi keberadaan Anda. Ini sebenarnya akan mempermudah Anda saat sedang mencari alamat agar bisa sampai tujuan dengan cepat. Akan tetapi, layanan GPS ini akan membuat kapasitas baterai Anda menjadi lebih cepat habis, karena memang harus tetap terhubung ke jaringan internet. Untuk itu, sebaiknya Anda matikan GPS ini saat tidak diperlukan.

7. Perhatikan suhu hp Android Anda
Kalau suhu pada hp Android Anda tersebut masih tetap dingin, maka Anda tidak perlu khawatir. Tapi, kalau suhunya itu sudah mulai panas, maka ini berarti hp Android Anda sedang dalam keadaan aktif atau bekerja. Dengan kondisi aktif tersebut, maka resource baterai tentu akan terkuras. Untuk mengatasi hal tersebut, coba Anda lakukan setiap poin-poin di atas.
Nah, itulah beberapa pengaturan pada hp Android jika ingin bisa lebih hemat baterai, tanpa harus menginstall aplikasi tambahan lagi. Selamat mencoba!